posisi dan cara memasukan kartu kedalam mesin atm

cara memasukan kartu kedalam mesin atm – Kartu ATM banyak sekali macamnya. Kebutuhan nasabah yang berbeda-beda membuat varian kartu semakin banyak. Pilih saja salah satu yang cocok untuk kebutuhan Anda.

Namun, apa Anda pernah menemukan ada orang yang memiliki kartu ATM tapi tidak pernah memakainya? Atau kebalikannya, memiliki rekening tapi tidak ingin ribet dengan urusan kartu ATM bermasalah? Alasannya karena takut atau bingung memakai kartu ATM di mesinnya. Masalah-masalah itu terdengar familiar kah di telinga Anda?

Sering kebingungan ketika memasukkan kartu ATM? Terkadang, rasa was-was sering muncul ketika berhadapan dengan mesin yang memiliki nama panjang Anjungan Tunai Mandiri itu. Apalagi, jika mesin yang digunakan bentukannya berbeda dengan yang biasa dipakai.

Usut punya usut, jika salah memasukkan kartunya, bakal ada akibatnya, lho. Diantaranya:

  • Kartu akan tetap ditarik, tapi dikeluarkan kembali
  • Lubang untuk memasukkan kartu tidak terbuka. Dengan kata lain, mesin tidak akan menerima. Pasalnya, nasabah akan merasa seolah ada penghalang di lubang kartunya.
  • Kartu akan tertelan mesin dan tidak dapat dikeluarkan lagi

Tiga akibat tersebut akan terjadi, tergantung dengan tipe mesinnya. Yang paling sial adalah jika Anda mengalami akibat poin ke tiga. Tertelannya kartu ATM termasuk kasus yang paling banyak terjadi di kalangan nasabah.

Merupakan hal yang wajar bila banyak orang yang takut untuk bertransaksi lewat ATM gara-gara kartu. Tanpa kartu, nasabah tidak dapat melakukan transaksi apapun. Krusial sekali memang. Pasalnya, kartu tipis tersebut berfungsi untuk mengecek saldo di rekening, membayar tagihan-tagihan, transfer uang untuk membeli barang secara online, dsb.

Kecuali, jika Anda bersedia untuk mengunjungi kantor cabang. Tapi, masalahnya, tak semua orang punya waktu untuk itu.

posisi kartu atm saat di masukan ke dalam mesin atm

Nah, Anda harus menghindari hal-hal yang merepotkan tersebut. Caranya, sebelum memasukkan kartu ke lubang di mesin ATM, perhatikanlah kartu Anda.

Kartu ATM memiliki dua sisi, depan dan belakang. Bagian depan biasanya ada logo bank dengan desain-desain khususnya. Bagian belakang biasanya ada pita magnetik yang berupa garis hitam.

Di beberapa kartu dari beberapa bank juga sudah ada petunjuk berupa tanda panah. Setelah Anda mengenal bagian-bagian kartu, inilah saatnya Anda mengetahui cara yang betul untuk memasukkan kartu ke mesin ATM:

Posisikanlah kartu dengan benar, yaitu:

  • Sisi dengan logo bank berada di atas
  • Sisi dengan garis hitam berada di bawah
  • Sisi dengan garis hitam di sebelah kanan
  • Arahkan kartu ATM ke lubang kartu. Tidak perlu mendorongnya dengan sekuat tenaga. Pasalnya mesin akan menarik secara otomatis ketika sensor mendeteksi kartu di lubang kartu

Jika Anda memasukkannya dengan benar, di layar akan muncul tampilan menu untuk pemilihan Bahasa atau permintaan nomor PIN

Sebetulnya, pihak bank pun sudah memberikan petunjuknya di mesin ATM. Di beberapa mesin ATM untuk bank tertentu biasanya ada stiker berbentuk kartu ATM yang ditempel di mesin ATM dekat lubang kartu.

Ada juga yang memberikan petunjuk berupa tanda panah. Petunjuknya berbeda-beda tergantung cara bank untuk memfasilitasinya.

Kini, bank telah berinovasi trutama dalam hal mesin ATM. Jika Anda mendapatkan kesulitan dalam hal memasukkan kartu atau justru kartu ATM tertelan, segeralah meminta bantuan ke call center bank terkait.

Pihak bank memiliki jawabannya dan akan mengurus kendala tersebut secara online. Call center selalu ada untuk dimintai bantuan. Jadi, buanglah rasa khawatir Anda jika ingin bertransaksi lewat mesin tersebut.

Tinggalkan komentar