cara ganti pin atm mandiri

Seringkali, nasabah suatu bank diingatkan untuk selalu mengubah nomor PIN secara berkesinambungan. Tak terkecuali Bank Mandiri. Sebetulnya, berbagai upaya dilakukan mandiri dengan memperingatkan nasabahnya. Salah satunya lewat pesan singkat atau email.

Memangnya, apa pentingnya mengganti PIN sampai-sampai pihak Bank Mandiri melakukan banyak usaha untuk mengingatkan nasabahnya?

Tentu saja sangat penting. Banyak kasus kejahatan yang terjadi di kalangan nasabah. Bentuknya bisa bermacam-macam. Salah satunya, pencurian data nasabah. Modus ini pun bermacam-macam.

Bisa jadi pencurian dilakukan di mesin ATM. Ini bisa saja terjadi jika di kartu Anda ada pita magnetik. Lewat itulah pihak kriminal mendapatkan data rekening Anda. Metode ini akrab dengan sebutan skimming.

Di sinilah kecanggihan alat yang dilakukan para criminal dengan pihak bank beradu. Skimming dapat dilakukan dengan menempelkan suatu alat pada lubang kartu. Nasabah tidak akan menyadarinya. Pasalnya, bentuknya tipis atau kecil. Lewat inilah data dapat diambil.

Ada juga yang memasang kamera kecil. Ini fungsinya untuk membaca gerakan tangan Anda. Jika berhasil membacanya, PIN Anda akan terkuak. Maka dari itu, Anda harus menutupinya dengan tangan ketika memasukkan PIN. Sering dengar himbauan tersebut, kan?

Saking banyaknya kasus seperti itu, pihak bank mulai berinovasi untuk menghindarkan nasabah dari tindak kejahatan. Upaya mengganti kartu magnetic dengan kartu chip pun dilakukan. jika masalah beerlanjut bisa datang ke kantor cabang bank terdekat

Ditambah lagi, nasabah diminta untuk mengganti nomor PIN secara terjadwal. Tapi, bagaimana caranya ya?

Anda tidak perlu datang ke kantor cabang jika tak punya waktu untuk itu. Cukup memilih salah satu dari cara berikut ini:

Ganti pin atm mandiri lewat Mesin ATM

PIN merupakan hal yang krusial. Artinya, jika PIN salah, transaksi tidak bisa Anda lakukan. Selain itu, lupa PIN pun menjadi masalah. PIN juga hal yang pribadi. Janganlah Anda memberitahu nomor tersebut pada orang lain.

Cukup Anda seorang yang mengetahuinya. Kalaupun ada yang mengetahuinya, cukuplah keluarga dekat yang dipercayai. Selain itu, tidak boleh ada yang tahu termasuk petugas bank sekalipun.

  1. Masukkanlah kartu ATM ke mesinnya
  2. Tekan PIN yang biasa Anda gunakan
  3. Pilihlah ‘Transaksi Lainnya’
  4. Pilihlah ‘Ubah PIN’
  5. Masukkanlah PIN lama yang ingin Anda ganti
  6. Masukkanlah PIN baru
  7. Ketikkanlah PIN baru untuk kedua kalinya sebagai konfirmasi
  8. Jika sudah yakin, pilihlah ‘Ya’

Sangat mudah, bukan? Anda hanya perlu mengikuti alur yang terpampang di layar.

Untuk menghindari tindak kriminalitas perbankan, berikut tips mengenai nomor PIN yang dapat Anda praktikkan:

  • Janganlah memberitahu PIN pada siapapun karena sifatnya yang pribadi.
  • Buatlah PIN yang dapat Anda ingat karena seringkali ada yang salah memasukkan PIN gara-gara lupa. Namun, jangan sampai Anda memasukkan angka dari variasi tanggal lahir, nomor rumah, nomor KTP, dsb. Cukup deretan nomor yang khas. Ternyata, pribadi di sini maksudnya memang betul-betul Anda sendiri yang mengerti. Saking spesialnya, tak ada orang yang bakal menebak.

Apa Anda termasuk nasabah Bank Mandiri yang rajin mengubah PIN? Kalau belum, jangan lupa menyediakan waktu untuk mengubahnya. Paling tidak, Anda menyempatkan diri untuk mengubah PIN dalam 2 bulan sekali, paling tidak.

 

Tinggalkan komentar